Jumat, 27 Mei 2011

Modifikasi Notepad Windows Seperti Menggunakan Word

Maksud judulnya apa ya kira-kira? Jadi begini , seperti yang kita tahu bahwa notepadbawaan Windows memiliki banyak keterbatasan. Tidak bisa melakukan fungsi seperti standar aplikasi word pada umumnya. Padahal semua tahu bahwa notepad memiliki keunggulan yang tak tertandingi dibandingkan aplikasi word lainnya, apa itu? Kecepatan. Ya, benar kecepatan.

Aku yakin bagi kalian kecepatan adalah segalanya saat ingin menulis sesuatu yang penting dan mendesak dalam
notebook kita. Dan hanya notepad lah yang paling bisa diandalkan untuk hal tersebut. Belum selesai. Saat kita ingin menampilkan tulisan yang telah kita buat di notepad sering kali kita harus memindahkannya (copy) ke aplikasi word terlebih dahulu untuk bisa menghasilkanoutput yang lebih menarik. Itulah kelemahannya. Setuju? Kalau setuju, maka keberadaanmu di sini tidak akan sia - sia.

Tahu nggak kalau ternyata aplikasi notepad bawaan Windows bisa di-
replace dengan notepad buatan kita sendiri? Kalau tadinya tampilan notepad kita seperti ini :

Notepad Standar :

setelah kita ganti file notepad executable asli dengan yang sudah dimodifikasi kita bisa memperoleh tampilan seperti ini:

Notepad 2 :

Terus, apa bedanya jika hanya masalah tampilan? Tunggu dulu. Jangan hanya melihat buku dari sampulnya saja, ok? Yang penting kan isinya, hehe. Nah apa kelebihan yang bisa diperoleh darinotepad baru ini (notepad2)? Kelebihannya, dia lebihmengakomodasi fungsi-fungsi yang sebelumnya tidak disediakan, yaitu hampir setara dengan fungsi yang tersedia pada aplikasi Word standar pada umumnya, sehingga kita sedikit lebih banyak bisa mengubahsesuaikan output tulisan seperti yang kita inginkan

Sebagai contoh, hal baru yang tidak ditemui di notepad asli (bawaan Windows), memuat fungsi penyesuaian
margin, indentasi,scheme, highlight, spasi, transparansi, dan masih banyak lagi yang bisa kita temukan di notepad2 ini. Sekarang pertanyaannya bagaimana cara penggantiannya? Ikuti langkah yang aku sediakan di bawah ini :

  1. Back up file notepad.exe (di system32) ke folder terserah, yang penting aman
  2. Download file notepad2 di sini
  3. Ekstrak file tersebut dan ganti nama notepad2.exe menjadinotepad.exe

Ilustrasi :

  1. Masukkan ke empat file hasil ekstraksi ke dalam folder Notepad (new folder)

Ilustrasi :

  1. Tempatkan folder tersebut ke direktori C:/
  2. Download file autoreplace di sini
  3. Jalankan file batch tersebut dan tunggu hingga prosesreplacement selesai

Setelah semua langkah selesai, akan ada prompt dari windows tentang notepad.exe yang akan diganti dengan aplikasi lain. KlikCancel. Setelah itu akan muncul prompt lagi yang intinya jika ingin benar-benar mengganti klik Yes dan jika tidak klik Cancel. Klik Yes. Yup! Selamat atas notepad barumu!

0 komentar:

Posting Komentar

JAM SI A 04 Angkatan 2009 / 2010

Jadwal Waktu Sholat

~Forum Blog Ane~