Minggu, 17 Januari 2010

Pertemuan 3: Networking (Perangkat, Setting IP, Proxy, File Sharing).

JARINGAN KOMPUTER

Hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan ”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

MODEL KONEKSI.

1. PEER to PEER

Kelebihan:

- Tidak terlalu mahal

- Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus

- Tidak memerlukan administrator jaringan

Kekurangan:

- Jaringan tidak bisa terlalu besar

- Tidak terpusat

- Tingkat keamanan rendah

2. CLIENT-SERVER

Kelebihan:

- Terpusat

- Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik

- Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar

Kekurangan:

- Butuh administrator jaringan yang profesional

- Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai komputer server

- Butuh software untuk mempermudah manajemen jaringan

- Bila server down, semua data dan resource diserver tidak bisa diakses

JENIS-JENIS JARINGAN.

Local Area Network ( LAN ).

Metropolitan Area Network (MAN).

Wide Area Network (WAN).

LAN (Local Area Network).

Jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, biasanya hanya sekitar 1 km persegi (misal : sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah).

MAN (Metropolitan Area Network).

Jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Contoh : jaringan Bank di beberapa kantor cabang dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.

WAN (Wide Area Network).

Jaringan komputer yang cakupanya lebih luas daripada LAN. WAN biasanya merupakan gabungan dari beberapa diseluruh dunia yang kita kenal dengan nama internet. Perbedaanya dengan LAN tentu cakupanya lebih luas hingga ke seluruh dunia (internet). Memiliki banyak sumber, penanganan data lebih komplek. Dan tidak dapat dipanggil secara offline (online).

INTERNETWORK (INTERNET).

- Tidak memungkinkan jaringan kabel

- Pengembangan dari Jaringan Komputer Metropolitan

- Melibatkan teknologi telekomunikasi canggih (satelit, gelombang elektronik lain).

MEDIA JARINGAN.

01. CABLE.

COAXIAL CABLE

UTP CABLE

FIBER OPTIC

COAXIAL CABLE.

jenis tipe kabel koaksial yang dipergunakan buat jaringan komputer, yaitu:

- thick coax (mempunyai diameter lumayan besar)

- thin coax (mempunyai diameter lebih kecil).

TWISTED PAIR CABLE.

Ada dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan lokal, ditambah satu jenis pemasangan khusus untuk cisco router, yakni:

- Straight Through Cable.

- Cross Over Cable dan

- Roll Over Cable.

ž Cara pemasangan Kabel UTP model Straight Through T568A.

1. Putih /hijau

2. Hijau

3. Putih/Oranye

4. Biru

5. Putih/Biru

6. Oranye

7. Putih/Coklat

8. Coklat

ž Cara pemasangan Kabel UTP model Straight Through T568B.

1. Putih/Oranye

2. Oranye

3. Putih/Hijau

4. Biru

5. Putih/Biru

6. Hijau

7. Putih/Coklat

8. Coklat

Penggunaan Kabel Straight Through.

PC à Hub

PC à Switch

Hub à Hub

Switch à Router

Cross Over Cable.

Digunakan untuk komunikasi antar komputer (langsung tanpa HUB).

Computer A.

1. Putih/Oranye

2. Oranye

3. Putih/Hijau

4. Biru

5. Putih/Biru

6. Hijau

7. Putih/Coklat

8. Coklat

Computer B.

1. Putih/Hijau

2. Hijau

3. Putih/Oranye

4. Biru

5. Putih/Biru

6. Oranye

7. Putih/Coklat

8. Coklat

Penggunaan Kabel Cross Over.

PC à PC

Switch à Swicth

Switch à Hub

FIBER OPTIC CABLE (FO).

Kabel serat optik memiliki inti yang terbuat dari serat optik yang dikelilingi oleh beberapa lapisan pelindung. Kabel jenis ini menggunakan cahaya untuk mentransmisikan data sehingga bebas dari masalah interferensi listrik. Kabel ini sangat ideal untuk jaringan di lingkungan yang memiliki interferensi listrik yang besar. Karena sifatnya yang tahan terhadap petir dan pengaruh kelembaban, kabel ini banyak dipakai untuk menghubungkan jaringan dari suatu bangunan ke bangunan lain.

Kabel serat optik memiliki segmen yang jauh lebih panjang dari kabel coaxial maupun UTP dan STP. Selain itu, kecepatan transmisi data juga jauh lebih tinggi karena menggunakan cahaya, bukan listrik. Walaupun biaya pemasangan kabel ini tidak jauh berbeda dari kabel coaxial namun pengerjaanya jauh lebih sulit. Istilah 10BaseF merujuk ke spesifikasi kabel serat optik yang dipakai untuk Ethernet.

Beberapa hal yang perlu ketahui tentang kabel serat optik :

· Pelindung terluar dibuat dari Teflon atau PVC

· Serat Kevlar ditambahkan untuk memperkuat kabel dan mencegah kebocoran

· Lapisan plastik digunakan untuk melindungi inti yang terbuat dari serat optik

· Inti terbuat dari serat optik (serat gelas/serat plastik)

02. Network Interface Card (Network Adapter).

Perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client).
Memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data-data. Ada dua jenis kartu jaringan yaitu :

· Kartu Jaringan Eksternal

Cara termudah untuk menghubungkan komputer ke jaringan adalah memakai kartu jaringan eksternal. Pertama-tama kita hubungkan kartu jaringan eksternal ke port USB pada komputer. Kemudian kartu tersebut kita hubungkan ke kabel jaringan yang ada. Maka komputer itupun telah terhubung ke jaringan dan siap untuk dipergunakan.

Kartu jaringan eksternal tersedia untuk jaringan Ethernet, HomePNA, ataupun nirkabel. Khusus untuk jaringan nirkabel dimana hubungan ke jaringan tidak memerlukan kabel maka begitu kartu terhubung ke port USB komputerpun sudah siap dipakai dalam jaringan.

· Kartu Jaringan Internal

Kartu jaringan internal sedikit lebih sulit untuk dipasang karena harus membuka casing komputer dan memasangkannya pada sebuah expansion slot di dalam komputer. Karena itu, sebelum membeli kartu jaringan internal kita harus memastikan apakah masih ada expansion slot yang kosong di dalam komputer yang akan dihubungkan ke jaringan.

03. LAN Tester.

04. HUB dan SWITCH (Konsentrator).

HUB berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card dan sebagai penguat sinyal. Memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client dan memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.

SWITCH merupakan jenis yang lain dari perangkat penghubung jaringan local (LAN) dan merouting dari paket-paket di antara LAN-LAN tersebut. Sebuah switch memiliki beberapa port, dimana setiap port dapat mendukung satu simpul atau satu jaringan local (LAN) yang lengkap, baik jaringan berbasis Ethernet maupun jaringan berbasis Token Ring.

Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :

1. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45

2. Digunakan pada topologi Bintang/Star

3. Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.

05. ROUTER.

Sebuah Router mampu mengirimkan data/informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang berbeda, router hampir sama dengan bridge, meski tidak lebih pintar dibandingkan bridge, namun pengembangan perangkat router dewasa ini sudah mulai mencapai bahkan melampaui batas tuntutan teknologi yang diharapkan.

06. REPEATER dan BRIDGE.

Fungsi utama repeater yaitu untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain. Dengan cara ini jarak antara kabel dapat diperjauh.

Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.

Setting IP :

Secara sederhana, cara kerja IP (Internet Protokol) dapat dianalogikan dengan cara kerja kantor pos pada proses pengiriman surat. Surat yang dimasukan ke kotak pos akan dikumpulkan oleh petugas pos dan kemudian akan dikumpulkan oleh petugas pos dan kemudian dikirim melalui jalur yang acak, tanpa diketahui oleh si pengirim maupun si penerima surat. Karena itu, jika kita mengirim dua buah surat yang ditujukan pada alamat yang sama pada hari yang sama, belum tentu akan tiba secara bersamaan karena kedua surat itu mungkin mengambil jalur pengiriman yang berbeda. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa surat akan sampai di tujuan, kecuali jika dikirim sebagai surat tercatat. Cara kerja diatas digunakan oleh IP, dimana ”surat” dikenal dengan sebutan datagram. IP berfungsi untuk menyampaikan datagram dari satu komputer ke komputer yang lainnya tanpa tergantung pada media komunikasi yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

JAM SI A 04 Angkatan 2009 / 2010

Jadwal Waktu Sholat

~Forum Blog Ane~